KRS an DAN HAL ABSURD DI SEKITARNYA

KRS an DAN HAL ABSURD DI SEKITARNYA

          Semester 3 sudah berlalu, berarti saat ini aku sudah di awal semester 4  sudah sekitar satu setengah tahun aku berada dilingkungan kampus yang katanya islami ini. Selama Satu setengah tahun aku disini sudah banyak kenangan yang mungkin jika dibukukan menjadi ber Bab-Bab, seperti ketika saat di Asrama ada lomba paduan suara dan aku berperan menjadi teroris dengan memakai gamis punyanya Ridho dan membawa pistol mainan punyaku, saat paduan suara akan selesai aku berlari kearah mereka dan melemparkan tas ransel ke arah mereka, seketika merkapun bubar melarikan diri a.k.a semburat dan akupun juga ikut lari sampai aku akhirnya terpeleset dilorong sampai pistolku patah. Hingga saat ini jika kuingat-ingat hal itu aku suka ketawa-ketawa sendiri.

             Kembali ke rutinitas mahasiswa saat awal semester akan tiba, Sudah seperti biasa ketika akan memulai awal semester Mahasiswa wajib menjadwal mata kuliah secara On-line atau biasanya disebut KRS an. Jadwal KRS an ditentukan waktunya oleh pihak kampus, dan pada saat yang telah ditentukan untuk memrogram matakuliah telah tiba mulai pukul 00:00 kebanyakan mahasiswa begadang pada saat itu juga agar mereka tidak kehabisan kelas regular yang mereka inginkan. Aku sendiri juga ikut-ikutan begadang agar tidak kehabisan kelas, karena aku dengan kelasku yang sekarang sudah merasa PW  Gaskins dengan suasana kelas dan teman-temannya, walau sebenarnya jumlah Mahasiswa  di kelasku jika dilihat dari semester-semester sebelumnya jumlahnya paling sedikit dibanding kelas-kelas seangkatan yang lain dijurusanku, jadi sebenarnya menurutku nggak keburu-buru KRS an juga gak papa, toh kita nggak mungkin kehabisan kuota kelas dikelas yang sama.

            Malam itu Jam menunjukkan pukul 23:45, 15 menit lagi menuju KRS an dan aku lagi dirumah sendirian nonton Tonight Show sambil stalking instagram mantan dan nggak sengaja kepencet  love    . Jam 12 tepat bararti KRS an pun bisa dilakukan, langsung kubuka laptopku dan koneksinya menggunakan tathering dari hapeku yang menggunakan paketan 3 AON 8 giga, sudah 3 bulan wifi dirumah diputus servernya karena nunggak gak bayar-bayar. Perlu kalian tahu aku paketan Cuma kupakai buat stalking Instagram dan Facebook nya mantan aja, paling-paling juga kubuat browsing cara menyantet mantan yang punya hutang gak dikembaliin, itu karna hapeku selalu sepi nggak ada yang menghubungi atau teman chattingan (melas), paling-paling yang rame grup WA karang taruna dan grup Racing WARwerwor pagar21 yang anggotanya kimcil racing semua.
Jam 00:15 kubuka laman siakad tapi ternyata eror…..



          Kukira ini hal biasa paling-paling setengah jam lagi juga bisa dibuka, jam 01:05 aku login lagi disiakad tapi tetap eror. Akhirnya kutinggal main PES sampai jam 02:30.


Aku merasa agak ngantuk saat itu, tapi sudah biasa aku begadang sampai pagi apalagi saat liburan aku malem gak pernah tidur dibawah jam 02:30, mungkin itu dikarenakan aku siangnya gak ngelakukan hal-hal yang membuat capek dan gak ngapa-ngapain (eat-sleep-repeat).







Setelah aku main PES kucoba lagi untuk login laman siakad, tetapi koneksi jaringannya gak ada sama sekali (biasa memang 3 seperti ini). Akhirnya aku keluar rumah cari sinyal dan tetep gak ada sinyal sama sekali, padahal rumahku juga gak pelosok-pelosok amat sekitar 20 KM dari pusat kota. Aku mencoba bersabar, “Ini ujian, ini adalah perjuangan memang mengecewakan tapi jodoh memang ditangan tuhan tolong ditahan emosi, tolong, tolong digeser motornya”. 



            Setelah cari-cari sinyal gak ada aku coba tathering pakai hape bapak, ternyata bapak pakai provider yang sama yang juga ERR0r gak ada sinyal. Kemudian aku bergegas kerumah Aldi temenku yang rumahnya gak jauh dari rumahku, dia juga lagi KRS an yang juga sekampus. Malem-malem aku jalan kerumahnnya sendirian teringat kejombloan yang berhembus seiring dinginnya malam, sampai dirumahnya kupanggil-panggil 3 kali tapi sepertinya dia gak denger, berhubug kamarnya dilantai 2 akupun berinisiatif untuk naik keaatas (walaupun resikonya dihajar massa dikira maling), orang-orang kampungku memang terkenal keras memberantas maling, kemarin aja ada maling BH wanita ketahuan dia digebuki sampai tak sadaarkan diri.


Sampai dirumah temenku aku coba login siakad di laptop Aldi, ternyata laman siakad tetap ERROR gak bisa dibuka, kubuka grup WA kelas katanya laman masih ERROR dan bisa dibuka lagi jam 06:00. Hufft yaudah aku sekalian tidur dirumahnya disambi nonton video ikeh ikeh nurjanah, sampai shubuh nya aku dibangunin ibunya Aldi dan aku balik pulang dan kubuka lagi dirumah, 

Alhamdulillah Siakad sudah bisa dibuka.


Langsung ku program kupilih sesuai kelas C, setelah pemrograman ku selesai aku masih ngantuk banget sampai aku ketiduran kebangun jam 8, Aku lupa kalau sudah janjian dengan dua temenku untuk menemui dosen wali untuk konsultasi (bisa dibilang hanya sekadar meminta tanda tangan). Jam 08:20 aku berangkat ke kampus sesampainya dikampus, aku langsung ketemu sama mereka yang sudah janjian tadi. 


Ku tunggu bareng-bareng sekitar 45 menit sampai temenku mendapat SMS dari dosen wali kita kalau gak bisa datang hari ini karena ada urusan diluar, dan disuruh balik lagi keesokannya. Yaudah aku balik lagi kerumah, untung rumahku masih se-kota dengan kampus jadi gak ribet-ribet amat.
Besoknya aku balik lagi ke kampus, semoga hari ini cepat selesai.

        Seperti kemarinnya aku juga janjian sama temenku untuk konsultasi bareng. jam 08:05 aku berangkat perjalanan kekampus sekitar 45 menit jika gak macet. Alhamdulillah dijalan pas gak ada polisi yang operasi plastik. Sesampainya di kampus ternyata temenku yang satunya sudah selesai konsultasi, jadi aku nunggu temenku yang satunya lagi. Tak lama temenku datang, langsung kita jalan menuju ruangan yang telah ditentukan untuk konsultasi. Sampai di dalam ruangan ternyata dosennya nggak ada, terus aku tanya ke dosen yang lain yang kebetulan ada diruangan yang sama.


“permisi bu, Pak bintoro nya kemana ya?’’
“gak tau, tadi sih ada tapi barusan keluar”


Setelah melihat dosen yang bersangkutan tidak ada diruangan itu akhirnya aku sama temenku nunggu diluar ruangan, kebetulan ada bangku yang kosong buat kita duduk disitu. Kita duduk disitu lumayan lama tapi gak selama ibuk-ibuk tua yang ngambil uang di ATM.
Sekitar 1 jam kita nunggu tanpa ada kepastian.


Kucoba sms dosennya, tapi aku lupa aku kan jomblo mana mungkin aku punya pulsa.
Hingga.,.,.,., temenku ini kebetulan ketemu pacarnya yang juga sekampus tapi beda angkatan, kira-kira dia angkatan 210 kilogram. Temenku langsung menghampirinya hingga sampai keluar gedung. Entah kenapa aku kok ikutan keluar juga dibelakangnya.


Kulihat dari jauh mereka ngobrol, aku gak tau sih apa yang mereka obrolin tapi lama kelamaan kulihat yang diobrolin mengarah ke pembicaraan yang serius.
Sampai akhirnya jeng… jeng.. jeng..


Pacar temenku itu menghampiriku dan berkata,
“Jangan deketi pacarku, Aku minta kamu menjauh darinya.” sambil mukanya meng-ekspresikan muka kesal tapi tidak dengan nada tinggi.
“Cuma temen itu…” sahut temenku dengan nada agak melas.
Dalam hati aku pingin ketawa, HAHAHA. Ini orang kok lucu banget gak sekalian ikut StandUp Comedy aja nih orang, dan menurutku lebih lucu dari indra jegel juara 1 SUCI6.
Aku spontan teringat sinetron yang biasa ibuku tonton di Indosiar jam 12:00-14:00 yang sinetronnya konflik rumah tangga melulu dan endingnya mesti  ada yang tobat dan ada lagunya opick
“terangkanlah… terangkanlaaahh..”
Dan menurutku gak sepantasnya sih sinetron itu ditayangkan jam segitu karna akan banyak anak-anak kecil yang nonton. 


 Aku saat itu merasa dalam sebuah adegan sinetron. Dan aku lihat kanan kiri siapa tahu ada komo dan gigi katakan putus jangan-jangan aku masuk acara sampah ini.
Kembali kesituasi yang tadi, Untung hari itu aku lagi sabar dan gak pingin marah-marah, aku sebenarnya orangnya suka emosian, dikit-dikit kalau ada yang bikin gara-gara aku langsung ‘muntab’. Nih cowok kok sampai segitunya bilang aku deketi Dia, padahal aku kan kalau dilihat-lihat gak ada ganteng-gantengnya.


Sampai akhirnya aku bilang.
“maksutnya apa mas, aku Cuma temennya sekelas yang kebetulan barengan mau konsultasi”
Diapun balik bicara ke temenku, kulihat ada sedikit konflik karena kesalahpahaman, daripada aku tetep disitu akupun bergegas meninggalkan mereka berdua yang saling adu argumen.
Entah kenapa dalam seminggu ini aku sudah 3 kali ada orang yang tiba-tiba memarahiku baik dijalan atau dipinggir jalan, terakhir ada dua cowok boncengan naik motor plat s entah kenapa pas di perempatan suhat teriak kearahku sambil mengucapkan anggota tubuh yang kita berdua punya, jelas dong aku marah kubuntuti dia dari belakang dan ku bleyer-bleyer motornya, aku sempat memaki-makinya dipinggir jalan. Dalam hati (main-main nih orang pakai plat s di malang, gak tau aku ini siapa. Bukan siapa-siapa sih)


:$^&%*^(%(!?#$&I^(9)+_


         Kutinggalkan mereka keluar kampus, aku cari pulsa buat sms dosen wali yang tak kunjung tiba.
Setelah aku beli pulsa aku kembali ke kampus ke tempat ruangan yang tadi. Tiba-tiba ditempatku duduk yang tadi ada mereka berdua disitu. Tiba-tiba pacarnya temenku menghampiriku lagi tapi tidak dengan menunjukkan muka yang kesal, dalam hati (ini mau apalagi nih…)
Akhirnya Diapun ngomong


“mafin aku yang tadi ya  “ sambil menjabat tanganku.
“iya santai aja mas gapapa, gak mungkinlah aku deketi pacar kamu, aku ngaca dulu aku ini siapa. Aku dulu juga pernah cemburu tapi bedanya aku dulu observasi dulu sebelum menuduh seseorang” jawabku.


1 jam kemudian dosen yang ditunggu-tunggu tiba. Langsung aku selesaikan semua urusan yang berhubungan dengan KRS. Setelah semua selesai aku mau pulang dan ketemu masnya yang tadi dan dia pun menyapaku dengan membunyikan klakson motor nya.


Aku pulang, sesampai dirumah temenku Whatsapp dan bilang


“dib maaf ya, aku sudah marahan sama pacarku mulai kemarin. Aku gak ngerti tadi dia juga ada dikampus dan ngeliat kita tadi duduk bareng dikira kita ada apa-apa, maaf ya”
“iya santai aja gapapa”


        Pelajaran yang dapat diambil hari ini adalah jika kita laki-laki yang jomblo mau ada urusan dengan cewek meskipun itu teman kita apapun urusannya, Alangkah baiknya kita tanya dulu apakah dia lagi marahan sama pacarnya apa enggak.
dan hubungannya KRS an dengan cerita diatas adalah jika kita menghadapi setiap masalah alangkah baiknya kita hadapi dengan hati yang sabar dan kepala dingin mengesampingkan ego dan emosi agar semua urusan bisa teratasi tanpa kesalah pahaman.


Sekian ceritaku hari ini semoga bermanfaat, Walaupun sebenarnya gak ada manfaatnya sama sekali sih… dan masih banyak ceritaku sehari-hari yang absurd belum sempat kutulis. Semoga bisa segera kutulis karena bagiku menyikapi setiap problematika hidup dan hal-hal kecil sehari-hari untuk tidak diambil susah dan coba kita ketawain dalam sudut pandang komedi.



Twitter dan instagram : @azhar_adib

Komentar

Postingan Populer